Produk

Buku- buku karya Bunda Hj. Faridah Hanum

Karya Pertama Bunda Hj. Faridah Hanum

Mengenal Jati Diri

 Nabi pernah berkata bahwa “Barang siapa mengenali dirinya      sendiri niscaya dia akan mengenal Tuhannya.” Dari sini  kemudian berkembang menjadi empat pertanyaan, yaitu:

1. Siapa saya?
2. Darimana saya?
3. Sedang dimana saya?
4. Mau kemana saya?

Manusia menjadi tema pembahasan yang tak pernah selesai…

Ada kalangan yang bersikukuh bahwa hakikat manusia adalah jasad fisiknya. Ada yang beranggapan bahwa jasad dan ruh terwujud serentak sebagai hakikat pembentuk manusia. Sementara kalangan lain berhujah dengan tak kalah argumentatif bahwa ruh adalah jati dirinya…

Harga Rp.45.000

—————————————————————————————————

Karya Ke-2 Mengenal Maha Pencipta

 Penulis: Hj. Farida Hanum

Setiap manusia mempunyai apa yang disebut sebagai the will to  believe (kehendak untuk percaya) atau fithratu-at-tadayyun  (fitra untuk beragama). Sebab iman, keyakinan, kepercayaan  dan hidup bertuhan ternyata bukan hanya dimiliki oleh kaum  beragama saja,

tetapi juga oleh setiap manusia. Bahkan mereka yang mengaku dirinya atheis pun pada dasarnya juga mempercayai keberadaan Tuhan.

Yakni tuhan sebagai suatu hal yang mendominasi dirinya dan menjadi orientasi hidupnya. Hanya saja barangkali tuhan mereka berbeda; kadang berbentuk uang dan pada saat yang lain berbentuk barang atau orang.

Kisah Hayy Ibnu Yaqzhan yang ditulis Ibnu Thufail memberi ibrah berharga tentang bagaimana manusia bertuhan. Dikisahkan, ada seorang manusia yang tumbuh di hutan, dibimbing dan dibesarkan oleh hewan-hewan, tanpa pengajaran dan tanpa bacaan. Dia diarahkan oleh fitrah kepercayaan (the will to believe) di dalam dirinya. Tapi ternyata, di belakang hari ia mampu menemukan konsepsi tentang Tuhan yang sama dengan konsepsi Tuhan kaum agamawan.

Apakah Hayy Ibnu Yaqzhan hanya menggunakan insting ketuhanan di dalam dirinya untuk menemukan Tuhan yang benar? Apakah manusia yang lain seperti para petani, pedagang, peternak, pegawai, pengangguran, anak kecil, orang dewasa baik pria maupun wanita juga bisa mengenal Tuhan? Kalau bisa, bagaimana caranya?

Buku ini mengangkat sudut pandang berbeda dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut di atas, yakni sudut pandang Qur’ani. Dengan begitu, buku ini berusaha untuk mengobati dahaga keinginan manusia untuk mengenal penciptanya melalui cara-cara yang benar. Pembaca akan diajak menyusuri relung pemikiran tentang Tuhan yang sebenarnya sangat mendalam, namun dapat disajikan oleh penulis dengan sajian yang lunak, lugas dan bernas.

Harga Rp.45.000

—————————————————————————————————

Karya Ke-3 Berjudul Tazyin – Berhias Diri

 Penulis: Hj. Farida Hanum

RESENSI

Dunia sudah terlalu sesak dengan orang yang cantik, tampan  dan mempesona secara fisik. Itulah memang yang dituju oleh  segenap ritual berdandan oleh manusia hari ini. Hanya saja,  semua itu tak berbanding lurus dengan watak dan perilakunya,  bukannya mereka semakin bijak tapi banyak yang malah bertambah bejat.

Korupsi terjadi hampir di setiap instansi, pemerkosaan dan pelecehan seksual terjadi dimana-mana.

Korbannya tidak hanya orang lain, bahkan juga anggota keluarga sendiri. Jika demikian, apakah kita masih beranggapan bahwa berdandan dan berhias cukup hanya untuk tubuh fisik kita yang fana ini saja?

Untuk diketahui bahwa cahaya yang memancar dari dalam diri manusia tidak berasal dari pesona kemolekan atau keperkasaan tubuh. Sumber cahaya itu adalah kemuliaan yang tertanam di dalam ruh manusia. Buahnya adalah akhlak yang mulia, bunganya adalah tutur kata yang mengandung hikmah, itulah busana kehormatan yang bertahtakan cahaya. Busana yang menurut Abu Thoyyib Al-Mutanabbi, sebagaimana dikutip di awal tulisan ini; di dalamnya kemuliaan bersemayam, dan terdapat cahaya yang mengatasi setiap cahaya.

Rp.45.000

—————————————————————————————————

Karya Ke-4 Meraih Cinta Ilahi

 Taat Menjalankan Perintah dan Menjauhi Larangan

Penulis: Hj. Farida Hanum

RESENSI

Buku ini membahas hal-hal yang berkenaan dengan syahadat,  shalat, puasa, zakat dan ibadah haji. Hikmah, ilmu dan  pengertian yang ada di balik konsep-konsep tersebut akan diulas dengan lugas. Tidak mungkin untuk membahas hikmah di balik ibadah hanya melalui penyelidikan yang sifatnya rasional. Oleh sebab itu, buku ini mencoba menyibak misteri dan hikmah di balik lima rukun Islam dari sisi pemahaman yang Qur’aniyah (naqliyah). Konsekuensinya, apabila pengetahuan dan kebenaran makna Al-Qur’an sudah terkuakkan, maka ketaatan kepada otoritas kebenaran ini perlu untuk ditegakkan. Sebab pada dasarnya manusia mempunyai kecenderungan untuk taat, baik taat kepada kebaikan maupun kepada kemungkaran. Tugas dari penguakkan makna ibadah dari sudut pandang Al-Qur’an adalah untuk mengubah ketundukan terhadap yang salah kepada kepatuhan terhadap yang benar.

Harga Rp.45.000

—————————————————————————————————

Karya ke-5 Tawakkal

 Penulis: Hj. Farida Hanum

RESENSI

“Tertundanya pemberian setelah engkau mengulang-ulang  permintaan, jangan membuatmu berpatah harapan. Allah  menjamin pengabulan doa sesuai dengan apa yang Dia pilih  buatmu, bukan menurut apa yang kau pilih sendiri, dan pada  saat yang Dia kehendaki, bukan pada waktu yang engkau ingini.” (Ibnu ‘Atho’illah Shohibul Hikam)

Setelah keimanan tertancap di dalam hati, lalu usaha untuk mendapatkan hasil terbaik telah ditunaikan, baru sikap tawakal mengikuti. Inilah sikap yang meyakini bahwa keputusan akan hasil itu berada di tangan Allah. Di dalamnya, kepasrahan kepada Allah menjadi kenikmatan yang tiada tara. Namun demikian jangan kira kenikmatan itu dapat diperoleh melalui sikap diam saja. Sebab tawakal bukanlah sikap pasrah tanpa ikhtiar. Bukan pula pandangan negatif terhadap hidup. Tawakal justru mendorong agar kita lebih bergairah dan bersemangat menjalani kehidupan.

Buku ini memberi sudut pandang tawakal yang khas itu, yakni tawakal yang mengarahkan kita pada gairah hidup, demi mencapai kebahagiaan di dunia dan akhirat.

Harga Rp.45.000

—————————————————————————————————

2 Tanggapan

  1. bku ni dah d terbitkan d Medan blom ???????????

    • Rasanya di Medan Belum Ada sahabat, tapi Alhamdulillah saat ini kami lagi bagi2 buku Mengenal Jati Diri karya bunda hj Faridah hanum, jika berminat kirimkan alamatnya ke email bien77me@gmail.com, ninsya Allah nanti bukunya dikirim via JNE…. gratis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: